Media Israel : Al Qaeda Suriah Telah Menduduki Perbatasan Israel

Media Israel : Al Qaeda Suriah Telah Menduduki Perbatasan Israel

Shoutussalam – Angkatan pertahanan Israel, IDF memberikan laporan verifikasi Kamis pagi ini (6/6/2013) bahwa pasukan pemberontak (baca : mujahidin) Suriah telah menaklukkan sebagian kota Dataran Tinggi Golan bernama distrik Kuneitra, menempatkan posisi mereka secara langsung dengan perbatasan Israel. Pejabat IDF mengatakan bahwa pengambil alihan wilayah tersebut oleh pasukan pemberontak merupakan “perkembangan yang signifikan,” dilansir dari Israel National News, Arutz Sheva7.

Para pejabat IDF telah menyarankan agar para pekerja pertanian di daerah perbatasan untuk menjauh dari sana sampai situasi keamanan dapat diklarifikasi lebih lanjut.

Disebutkan juga bahwa beberapa pekan yang lalu, Al Qaeda Suriah yang dikenal dengan nama Jabhat al Nusrah mengambil posisi yang dekat dengan perbatasan Suriah dengan Israel. Dalam sebuah video yang dirilis di Youtube, mujahidin terlihat melakukan latihan di wilayah Dar’a Suriah selatan, tepat di sebelah Dataran Tinggi Golan. Dalam latihan itu, mujahidin berusaha untuk mengambil alih bangunan, menggunakan senjata dan bom.

Para ahli militer Israel menilai bahwa video itu menunjukkan bukti terlatihnya mujahidin, kekuatan tempurnya yang sangat termotivasi. Al Qaeda Suriah memperlihatkan perlengkapan dan latihan yang lebih baik daripada kelompok mujahidin lain, dan mampu menyedot perhatian personel mujahidin lain bergabung ke dalamnya.

Sebelumnya, otoritas Zionis Israel sudah menunjukkan kekhawatirannya akan jatuhnya rezim Syi’ah Assad, yang menurut media Israel yg lain, Hareetz, Bashar Assad adalah diktator favorit Israel diantara diktator Arab yang lain. Jatuhnya Assad akan memuluskan upaya para Jihadis yg ingin membentuk negara Islam di Suriah, dan itu mengancam eksistensi Israel. Dan kini, kabar kehadiran al Qaeda Suriah di wilayah perbatasan ini jelas menjadi momok yang lebih mengagetkan lagi bagi Israel.

Faksi-faksi mujahidin Suriah sendiri telah berikrar untuk menjadikan Suriah sebagai pijakan awal, untuk kemudian memerangi Zionis Israel dan mengakhiri penjajahan dan pembantaian atas kaum muslimin Palestina. [arkan/ dbs]

Scroll To Top