Home » Uncategorized » Aneka Ragam Mushaf Syiah
800px-Abu_lulu_tomb

Aneka Ragam Mushaf Syiah

Shoutussalam – Apakah ada kitab yang diturunkan kepada Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- selain Alqur’an?! dan kitab tersebut dikhususkan untuk Ali r.a.?!

Jika kalian mengatakan: “Tidak ada”, lalu bagaimana kalian menjawab riwayat-riwayat kalian berikut ini:

(a) al-Jami’ah.

Dari Abu Bashir, dari Abu Abdillah, ia mengatakan: “Aku Muhammad, sungguh kami memiliki kitab al-Jami’ah, tahukah mereka apa itu al-Jami’ah?!

Abu Bashir menimpali: “Aku katakan: Diriku adalah tebusanmu, apa itu al-Jami’ah?!”.

Abu Abdillah menjawab: “Ia adalah shohifah (lembaran), panjangnya 70 hasta, dengan ukuran hastanya Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam-, didiktekan langsung dari belahan mulut beliau, dan ditulis langsung oleh Ali r.a. dengan tangan kanannya. Di dalam lembaran itu terdapat seluruh yang halal dan yang haram. Bahkan didalamnya terdapat semua yang dibutuhkan manusia, sampai keterangan tentang makhluk kutu pun ada…dst”.[ Al-Kafi (1/239)]

Perhatikanlah ucapannya: “Di dalamnya terdapat semua yang dibutuhkan manusia”, lantas mengapa itu disembunyikan, sehingga kita tidak menemukannya beserta isi yang terkandung di dalamnya?! Bukankah ini termasuk menyembunyikan ilmu?!

(b) Shohifah Namus (lembaran Namus)

Dari Ridho, tentang ciri-ciri imam, ia mengatakan: “Dan ia memiliki shohifah (lembaran) yang di dalamnya terdapat seluruh nama pengikutnya sampai hari kiamat. Ia juga memiliki shohifah yang berisi seluruh nama musuhnya sampai hari kiamat”.[ Biharul Anwar (25/117)]

Kita katakan: Shohifah apa ini, yang cukup untuk menampung seluruh nama pengikut syiah sampai hari kiamat?! Seandainya, nama orang di negara Iran -yang hari ini masih hidup- saja kita catat, tentunya kita akan membutuhkan minimal ratusan jilid buku!!

(c) Shohifah al-‘Abithoh.

Dari Amirul Mukminin, ia mengatakan: “Sungguh demi Allah, aku memiliki banyak potongan shohifah dari Rosululloh -semoga Allah memberikan sholawat kepada beliau, keluarga dan keturunannya-. Diantaranya ada shohifah al-‘Abithoh, dan kabar tentang bangsa Arab lebih hebat darinya. Di dalamnya terdapat 60 kabilah arab baharjah, mereka tidak berhak mendapat bagian Agama Allah (yakni mereka semua kafir)”.[ Biharul Anwar (26/37)]

Kita katakan: Sungguh, riwayat ini tidak bisa diterima dan tidak masuk akal. Apabila sejumlah kabilah ini kafir semua, itu berarti tiada seorang pun yang muslim menurutnya.

Perhatikan juga, pengkhususan kabilah-kabilah arab dengan hukum kejam ini, darinya anda akan mencium bau fanatisme terhadap bangsa tertentu!

(d) Shohifah Dzu’abatus Saif. (lembaran pada gantungan pedang)

Dari Abu Bashiroh, dari Abu Abdillah: “Pada gantungan pedang Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam-, ada sebuah shohifah kecil, yang didalamnya terdapat banyak huruf, dan setiap hurufnya bisa membuka seribu huruf lain.

Abu bashiroh berkata, Abu Abdillah mengatakan: “Maka tidak keluar dari shohifah itu, kecuali hanya dua huruf saja, sampai kiamat tiba”.[ Biharul Anwar (26/56)]

Kita katakan: Lantas kemana huruf-huruf yang lain?! Bukankah sebaiknya juga dikeluarkan, sehingga pengikut Ahlul Bait bisa mengambil manfaat darinya?!

Ataukah ia akan terus disembunyikan sampai datangnya Mahdi, dan banyak generasi mati sedangkan agama mereka terus dikurung dalam sirdabnya…??!

(e) Shohifah Ali

Yaitu shohifah lain, yang juga terdapat pada gantungan pedang beliau -shollallohu alaihi wasallam-.

Dari Abu Abdillah, ia mengatakan: “Pada gantungan pedang Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- ada shohifah, yang tertulis di dalamnya: bismillahirrohmanirrohim, sesungguhnya orang yang paling sombong kepada Allah pada hari kiamat nanti adalah orang yang membunuh mereka yang bukan pembunuhnya, dan orang yang memukul mereka yang bukan pemukulnya. Barangsiapa yang mengaku sebagai budaknya orang yang bukan tuannya, maka ia telah kafir (ingkar) dengan apa yang diturunkan kepada Muhammad -shollallohu alaihi wasallam-. Dan barangsiapa berbuat bid’ah atau membantunya, maka pada hari kiamat nanti, Allah takkan menerima ibadahnya yang wajib, maupun yang sunat”.[ Biharul Anwar (27/65)]

(f) al-Jafr (dokumen rahasia)

Ia ada dua macam: al-Jafrul Abyadh (dokumen putih) dan al-Jafrul Ahmar (dokumen merah).

Dari Abul Ala’, ia berkata, Aku mendengar Abu Abdillah mengatakan: “Sungguh aku memiliki al-Jafrul Abyadh.

Abu Ala’ bertanya: “Apa saja yang ada di dalamnya?”

Abu Abdillah menjawab: “Di dalamnya terdapat Zabur-nya Nabi Dawud, Taurot-nya Nabi Musa, Injil-nya Nabi Isa, Shuhuf-nya Nabi Ibrohim, dan seluruh yang halal dan yang harom… Dan aku juga mempunyai al-Jafrul Ahmar“.

Abu Ala’ bertanya: “Apa saja yang ada di dalamnya?”

Abu Abdillah menjawab: “Di dalamnya terdapat persenjataan, itu akan dibuka untuk (menuntut balas) darah, yang akan dibuka oleh pemilik pedang untuk membunuh”.

Lalu Abdulloh bin Abi Ya’fur berkata kepadanya: “Semoga Allah memperbaikimu, apakah keturunan Hasan r.a. mengetahui hal ini?”.

Ia menjawab: “Sungguh demi Allah, mereka mengetahuinya sebagaimana mereka tahu malam itu malam, dan sebagaimana mereka tahu siang itu siang. Akan tetapi karena hasad dan cinta dunia, mereka kemudian menolak dan mengingkarinya. Seandainya mereka mencari kebenaran dengan kebenaran, tentunya itu akan lebih baik bagi mereka”.[ Ushulul Kafi (1/24)]

Kita katakan: Cobalah renungkan! Zabur-nya Nabi Dawud, Taurot-nya Nabi Musa, Injil-nya Nabi Isa, Shuhuf-nya Nabi Ibrohim, dan semua yang halal dan yang harom ada di al-Jafr ini! Lantas mengapa kalian menyembunyikannya?!

(g) Mushaf Fatimah r.a.

– Dari Ali bin Said, dari Abu Abdillah, ia mengatakan: “Sungguh demi Allah, kami memiliki mushaf fatimah, tidak ada di dalamnya satu ayat pun dari Alqur’an. Sungguh ia merupakan dikte-an Rosululloh -semoga Allah memberikan sholawat kepada beliau dan keluarganya- yang ditulis oleh Ali r.a. dengan tangannya”.[ Biharul Anwar (26/41)]

– Dari Muhammad bin Muslim, dari salah seorang dari keduanya r.a.: “Aku tinggalkan pada Fatimah sebuah mushaf, ia bukan Alqur’an, tetapi merupakan firman Allah yang diturunkan kepadanya, didiktekan oleh Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- dan ditulis oleh Ali r.a.”.[ Biharul Anwar (26/41)]

– Dari Ali bin Abu Hamzah, dari Abu Abdillah: “Kami memiliki Mushaf Fatimah, sungguh demi Allah, tidak ada huruf (kalimat) yang sama dengan huruf Alqur’an, akan tetapi ia merupakan dikte-an Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam-, dan ditulis oleh Ali r.a.”.[ Biharul Anwar (26/48)]

Maka, apabila kitab tersebut adalah hasil dikte-an Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- dan ditulis oleh Ali r.a, mengapa beliau menyembunyikannya dari umat islam?! Padahal Allah telah memerintah beliau agar menyampaikan semua yang diturunkan kepadanya, sebagaimana firman-Nya: “Wahai Rosul, sampaikanlah apa yang diturunkan Tuhanmu kepadamu. Jika tidak engkau lakukan (apa yang diperintahkan itu), berarti engkau tidak menyampaikan amanat-Nya” (al-Maidah: 67).

Bagaimana mungkin, Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- setelah menerima wahyu ini menyembunyikan Alqur’an ini dari seluruh umat islam?! Pantaskah Ali r.a. dan para imam setelahnya menyembunyikannya dari para pengikutnya?! Bukankah ini merupakan pengkhianatan terhadap amanat yang diemban oleh mereka?!

(h) Taurat, Injil dan Zabur.

Dari Abu Abdillah, bahwa ia biasa membaca kitab Injil, Taurat, dan Zabur dalam bahasa Suryani.[ Ushulul Kafi (1/227)]

Kita katakan: Lantas apa gunanya Amirul Mukminin dan para imam setelahnya membaca dan mengkaji bersama kitab Zabur, Taurat dan Injil dengan sembunyi-sembunyi, padahal riwayat-riwayat mereka mengklaim bahwa hanya Ali r.a. saja yang menerima Alqur’an secara lengkap, seluruh kitab dan banyak shohifah lainnya?!

Lantas, apa gunanya kitab Zabur, Taurat, dan Injil bagi Ali r.a.?! Sedangkan kita semua tahu bahwa kitab-kitab itu telah dinasakh (dihapus) dengan turunnya Alqur’an?!

Setelah ini semua, kita katakan: Kita semua tahu bahwa Islam tidak memiliki kecuali satu kitab, yakni Alqur’an. Adapun kitab-kitab yang berjumlah banyak, itu adalah ciri-ciri orang Yahudi dan Nasrani, sebagaimana jelas terlihat pada kitab-kitab mereka yang berjumlah banyak.[syiah.net]